Minggu, 01 Maret 2009

Jumat Siang Bolong nan panas


Jumat siang abis dari kampus ketemuan ma dosen wali gue, yayu sms gue nanyain gue lagi ada dimana, langsung aja gue bales gue lagi ada di buluvard. But melihat suasana bulevard yang ternyata sepi akhirnya gue putusin buat beranjak ke sekre Nebula but ternyata gak jauh beda, gak ada satu pun batang idung yang keliatan, ”pada kemana ya para penghuninya? Batin gue seketika saat itu. Dari pada bengong gue coba nyalain komputer, but apa yang terjadi? CPU nyala tapi monitornya gak mau hidup, gue panik seketika saat itu, apa jangan-jangan komputer sekre, ups lebih tepatnya komputer punya mas akbar yang dititipin di sekre mati lagi kayak dulu?entahlah..Tanpa pikir panjang gue matiin lagi aja komputernya, abis tuh gue langsung cabut ke Payung ( tempat nongkrong anak-anak nebula and anak-anak UPK lainnya terutama para kumpulan anak-anak batak yang letaknya persis di depan UPK centre. Nah berhubung gue hari itu pake sepatu ket, ribet banget, so gue tenteng sepatu gue sambil beranjak keluar ke teras UPK centre cari tempat Pewe (enak) buat duduk terus make sepatu ket gue..Ternyata emang enakan pke sepatu cewek yang peminim dari pada pke sepatu ket, ribet pke iket tali segala.
Nah di saat gue sudah menemukan tempat pewe buat make sepatu, tiba-tiba dari jauh tampak sekelebat sosok yayu menyapa-nyapa, langsung gue bales sapaan tangan sambil kasih kode kalau gue mau make sepatu gue. Selesai gue make sepatu, yayu and pipit dari kejauhan berjalan yang arahnya mau nyamperin gue deh kayaknya, ups bukan kayaknya lagi tapi emang udah pasti. Begitu sosok dua manusia itu ada di hadapan gue, terjadilah dialog singkat,

Yayu : Ayo ken cabut ke perwil (perpustakaan wilayah yang letaknya di jalan sriwijaya)
Gue : Yah bentar yu, gue belum ambil duit neh di ATM.
Yayu : Lah serius lo? Dari tadi lo ngapaen aja?
Gue : Ye lo gak tau seh, dari tadi jam sembilan tuh gue nungguin dosen wali gue. Dan tuh dosen baru datang jam ½ 11, bayangin coba..
Yayu : Ooooo...
Gue : Terus gimana neh sekarang?
Yayu : Ya gimana? Klo lo mau ikut ke perwil ya sekarang.
Gue : Emang mau berapa lama se di perwilnya ntar?
Yayu : Bentar kog mentok setengah jam doank coz gue belum packing neh buat mudik ntar jam satu siang.
Gue : Ehmmm (berpikir)..
Pipit : Gimana ikut gak lo ?
Gue : (masih berpikir dan dengan nada sedikit berat) ya udah deh gue ikut kalian aja.
Yayu : Yakin lo ? terus lo masih punya duit cukup gak ?
Gue : (tangan gue membuka tas terus mengambil dompet and melihat berapa lembarkan duit yang tersisa di dompet gue) Hua..tinggal dua ribu doank neh. Tapi gampang deh ntar abis dari perwil gue ke kampus lagi.
Yayu : Yakin ? ntar lo kelaparan lagi.
Gue : Gak, tenang aja.
Yayu : Ya udah ntar gini aja duit lo dua ribu tuh buat naek angkot dari depan perwil terus lo turun pahlawan terus lo ngambil duit lo deh di atm.
Gue : Ehmm (sambil mempertimbangkan usulan yayu) gampang deh…….

Akhirnya gue, yayu and pipit beranjak menuju perwil. Sepanjang perjalanan kami becanda dan saling meledek sampai akhirnya kami terpusat pada satu topik pembicaraan yang akhirnya menjerumuskan gue pada kesalahpahaman yang rada fatal sampe gue menjatuhkan pada putusan klo gue gak jadi ikutan mereka ke perwil and lebi milih beranjak kembali menuju kampus. Nah di saat gue menyampaikan keputusan gue untuk urung ikut ke mereka dan berbalik arah melangkah kembali menuju kampus, dalam radius kira-kira dua puluh meter mereka berteriak manggil gue sampai akhirnya gue noleh ke arah mereka dan mereka langsung menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya kalau tadi gue salah tangkep ma topik pembicaraan tadi. Huh ternyata yang dimaksud yayu seminggu tuh jangka waktu persewaan VCD / DVD film movie corner dekat kampus gue, sedangkan gue nangkepnya tuh jangka waktu peminjaman buku perwil. Gila aja pikir gue klo jangka waktu peminjaman perwil emang beneran satu minggu, masa minggu depan gue musti balik jumat, ogah banget gue mempercepat jadwal kepulangan gue ke semarang, jatah liburan gue kan satu minggu harusnya, masa gara-gara buku gue harus mempersingkat liburan gue di rumah, hiks…nehi..nehi…
Setelah tau duduk perkara yang sebenarnya, akhirnya gue tetep milih buat jalanin misi awal, datang ke perwil buat pinjem buku ma pipit and yayu. Di tengah perjalanan nan jauh sperti melintas di tengah gurun nan panas (idih lebai gak segitunya kale) mengingat pananya cuaca siang itu, gue and yayu sepakat buat berhenti bentar di Agung Juice buat beli juice pastinya. Setelah juice ada di tangan, kami bertiga beranjak lagi melanjutkan perjalanan panjang nan sedikit melelahkan mengingat ditempuh dengan berjalan kaki. Akhirnya kira-kira sepuluh menit kemudian nyampe juga kami bertiga di perwil. Mulailah para kutu buku beraksi di salah satu ruang perwil di lantai satu, menjelajah tiap sudut rak, mencari buku-buku yang yahut buat camilan (ye emangnya kita-kita kutu beneran?ngaco lo). Lima menit, sepuluh menit, lima belas menit, akhirnya dua buku sudah ada di tangan gue, but gue galau mana di antara keduanya yang harus gue pilih..Aduh…bener-bener bingung saat itu serasa di hadepin dua pilihan co idaman yang lagi nguber gue, satunya ibarat jeruk sunkist and satunya ibarat jeruk pontianak, sama-sama nyegerin,hehe….Akhirnya dari pada kecapekan gara-gara lama berdiri galau nentuin satu di antara dua pilihan, gue beranjak menuju meja and kursi yang emang sengaja disediain perwil buat para pengung. Dengan pewe nya, gue duduk, lagi-lagi galau mempertimbangkan satu di antara dua pilihan. Tapi entah kenapa tiba-tiba mood gue ilang, gue ngerasa bete. Dari pada gue bete, gue mainan handphone and sesekali ngeledekin pipit yang waktu itu ada di deket salah satu rak buku deket tempat gue duduk. Di saat gue sedang pewe menyandarkan kepala di meja sambil maenan handphone, tiba-tiba terdengar suara seorang penjaga perwil ngomel-ngomel sendiri gak jelas, mana suaranya kedengaran lumayan keras lagi sampai-sampai para pengunjung perwil pada kaget. Nah yang tambah seru tuh, waktu tuh penjaga bawa tumpukan buku-buku kembalian para pengunjung dan berjalan melangkah menuju rak-rak buku untuk meletakkannya di tempat semula, tuh penjaga dengan emosi meletakkan tumpukan buku itu di depan gue dengan sedikit menimbulkan suara “Brukkk”, otomatis waktu itu gue langsung bangun dari posisi pewe gue. Setelah meletakkan tumpukan buku itu, tuh penjaga melanjutkan prosesi ngomel-ngomel gak jelasnya and meletakkan buku-buku di rak lagi-lagi dengan emosi and terkesan cukup kasar sampai-sampai pipit yang melihatnya mengeningkan kerutnya dan yayu pun kelihatan jadi gak enjoy lagi ketika memilih-milih buku sampai akhirnya kami bertiga sepakat buru-buru cabut dari perwil setelah memantapkan buku-buku yang akan kami pinjem….Perlu diketahui, kami bertiga buru-buru cabut dari perwil bukan karena takut akan adegan emosional sang penjaga perwil tapi karena emang udah jatah waktunya kami bertiga buat cabut.
Begitu kami sampai di pelataran halaman perwil, kami bertiga pun akhirnya sibuk membahas kejadian yang baru terjadi dan kami pun berkesimpulan bahwa tingkat keprofesionalan penjaga itu sangat buruk, harusnya ia bisa menyembunyikan emosinya di hadapan para pengunjung bukannya mengumbar emosi, apalagi seharusnya penjagalah yang mengingatkan kepada para pengunjung untuk menciptakan suasana tenang tapi nyata malah dia yang menciptakan kebisingan dan sedikit mengusik para pengunjung perwil kala itu. Yah meskipun kami tau waktu itu ia memang terlihat sangat kesal dengan rekan kerjanya yang saat itu juga sedang berjaga bersamanya, tapi sekali lagi harusnya ia tetap harus bisa bersikap profesional di hadapan publik.
END

Tidak ada komentar: