Rabu, 28 Januari 2009

Pacar Kontrak

Zaman sekarang banyak terjadi fenomena yang aneh-aneh, seperti fenomena yang akan saya ceritakan berikut ini. Sebuah fenomena yang langka tapi memang benar-benar terjadi di dunia nyata ini. Awalnya saya setengah percaya setengah tidak mendengar cerita dari salah satu sahabat, tapi mengingat sahabat saya itu orang yang jujur dan amat jarang berbohong sehingga saya putuskan untuk percaya saja akan cerita fenomena yang satu ini.
Mengenai fenomena tersebut begini ceritanya, sahabat saya, sebut saja ia bernama krisan (kayak nama sebuah bunga ya? Emang iya kale,hehe) pernah menjalin hubungan kasih dengan seorang pria bernama Lebah. Keduanya berasal dari satu bibit yang sama, yakni bibit fakultas hukum tapi dengan universitas asal yang berbeda. Namun sayangnya jalinan kasih di antara kedua tidak berjalan lama karena sesuatu hal yang tidak bisa saya sebutkan kepada public (maaf ini privacy dan secret). Meskipun demikian hubungan keduanya tetap berjalan baik seperti layaknya teman biasa (syukur deh lo pade gak musuhan,hehe).
Seiring berjalannya waktu, keduanya kini telah bahagia bersama dengan pasangan mereka yang baru. Namun tiba-tiba suatu hari Krisan dikejutkan oleh sesuatu hal yakni cerita dari seseorang terdekat dengan mantan kekasihnya (sahabat Lebah yang kini menjai kekasih krisan) tentang suatu rahasia penting mengenai Lebah. Rahasia yang merupakan suatu fenomena fantastic yang jarang terjadi namun benar-benar terjadi, pacar kontrak. Apa maksudnya? Begini ceritanya :
Pagi itu aku sedang nyenyaknya tertidur pulas di kamar kakak cowokku, berhubung aku dan dia udah sepakat barter kamar coz aku malas naek turun tangga secara kamar tidurku ada di lantai dua. Tiba-tiba aku terbangun karena nada sms ponselku berbunyi. Dengan setengah malas ku raih ponselku yang berada persis di samping kanan ku. Ternyata sms dari Krisan,
From : Krisan
Pren, uda bangun lum?
Aku mau telepon ne.
Segera ku balas sms itu,
To : Krisan
Udah neh..telepon aja..
Beberapa menit kemudian Krisan meneleponku dan menanyakan jawaban salah satu dari soal kisi-kisi ujian semester dari dosen, maklum aku ma krisan sekampus. Malam sebelumnya krisan memang sudah sms aku nanyain jawaban tuh soal tapi mengingat pulsaku yang limit dan jawaban dari soal yang amat panjang so aku jadi males. Berhubung krisan amat rajin dan amat membutuhkan jawaban dari soal itu, akhirnya malam itu dia sms aku hendak menelepon esok paginya.
Lima menit berlalu, selesai juga aku mendektekan jawaban dari soal kisi-kisi itu. Namun tiba-tiba suara dari seberang…
Krisan : Niken…….ternyata jawaban yang kamu dektekan ada di catatanku. Ne aku
Baru liat barusan…yah rugi dunk…..
Aku : Ye…geblek lo..harusnya lo cek dulu kemarin..udah capek-capek dekte in juga..
Krisan : Yah…aku kan gak tau ken..kirain gak ada..kemarin tuh beneran uda aku cari..
Aku : Ya udah lah…
Krisan : Eh ken, aku mau cerita neh…
Aku : cerita apaan?
Krisan : Uhm…gak jadi ah, ntar aja abis ujian..
Aku : Yah kelamaan keburu basi..
Krisan : Iya deh aku cerita..tapi ini rahasia lho ya, jangan cerita-cerita ke siapa-siapa..
Aku : Oke, tenang aja…
Krisan : Tapi beneran lhoh ken!!!ini rahasia..
Aku : Iya..iya…gak percaya banget se ma aku…
Krisan : Pasti kamu bakalan kaget deh ken..
Aku : Kaget apaan ?
Krisan : Diem dulu jangan motong..
Aku : iya..iya..
Krisan : Gini kemarin kan bebiku cerita ke aku. Tapi sebelum cerita, dia bilang ke aku
Gak boleh cerita ke siapa-siapa. Tapi aku nyeletuk, paling Cuma niken yang
Bakalan tau, dia kan sobat aku kak (panggilan sayang krisan terhadap kekasih
nya).Terus dia jawab ya udah ga pa pa.
Aku : Terus?
Krisan : Terus dia cerita kalau dia pernah diminta jadi saksi.
Aku : saksi apaan ?
Krisan : (nada bicaranya mulai menggebu) jadi saksi kontraknya lebah ma ceweknya se-
Karang. Kamu tau gak ken, isi kontraknya apa coba ?
Aku : ye mana ane tau..
Krisan :Isinya tuh kesepakatan kalau salah satu ada yang macem-macem dalam tanda
Kutip selingkuh, bakalan kena denda.
Aku : whatz? Serius lo?
Krisan : iya serius…dendanya itu MP4 sama emas lima gram. Gila bayangin aja ken.
Aku : ya ampyun gendeng juga tuh orang, masa pacaran pake kontrak-kontrak segala
Kayak kawin kontrak aja.
Krisan : makanya…aku juga heran..dalam hati aku jadi kasihan banget ama lebah.
Apalagi kata bebiku, sekarang lebah kelihatan tersiksa banget..kasihan banget
Deh pokoknya..mana ceweknya sekarang agresif banget kata bebiku, lum lagi
Curigaan and gampang cemburuan gitu..
Aku : ouw…
Krisan : terus tau-tau bebiku nyeplos gini ken, lebah bisa kayak gitu emang dulu kamu
Sumpahin apa dik? Terus aku jawab aja sambil marah,”astagfirullah kak, aku
Gak nyumpahin apa-apa ke dia, beneran. Lagian masa kakak tega banget se
Nuduh adek kayak gitu.
Aku : ouw..terus?
Krisan : ya itu ken, aku jadi kepikiran terus semaleman. Aku ngerasa kasihan banget ma
Lebah, gak bisa bayangin deh betapa tersiksanya dia.
Aku : Yah itu mah salah dia juga, dulu dapet emas malah dibuang. Sekarang karmanya
Tuh dia dapet alumunium tuh..
Krisan : maksudnya apaan ken?
Aku : maksudnya gini dia dulu kan uda ma kamu yang jelas-jelas baik, e malah
Kamunya ditinggalin, sekarang dia dapet karmannya dapet cewek yang
Gak beres. Btw ada yang bakalan gede neh kepalanya.
Krisan : hehe..ah kamu bisa aja ken muji aku…
Aku : weks..
Krisan : Tapi tetep aja ken, meskipun dulu dia udah ngebuang aku, aku tetap merasa
Kasihan ma dia. Aku gak pernah sekalipun dendam ma dia. Oke aku akui
dulu aku pernah bicara dalam hati meminta keadilan ma yang di atas karena
terlalu sakit hatinya, tapi gak sekalipun aku berniat ingin doain dia yang jelek
jelek ken..
Aku : Yah mungkin dia kena karma kali..btw emangnya sah tuh kontrak ? emangnya
Udah pada cukup umur ?
Krisan : oh iya ya..syarat kontrak kan minimal 21 tahun menurut KUHPer..
Aku : nah…batal demi hukum tuh berarti
Krisan : Iya..yah..bener ken..ah besok ta bilangin ah ke lebah kalau kontrak dia tuh gak
Sah biar dia gak menderita lagi karena ceweknya.
Aku : btw emangnya yang punya ide bikin kontrak tuh siapa seh ?
Krisan : gak tau ken..kayaknya ceweknya deh.
Aku : ye..kamu gimana se dapet info kog setengah-setengah. oya emang ceweknya
Anak mana tho ?
Krisan : ana kanak kebidanan ken…
Aku : buset dah..masa anak hukum bisa dibokisin ma anak kebidanan se. harusnya
Lebah tau dunk gimana perjanjian kontrak yang bener, secara dia anak hukum.
Wah diragukan neh.
Krisan :Hehe..iya ya..wah besok mau aku ledekin ah..
Aku : iya ledek (tut..tut…belum selesai aku ngomong, tiba-tiba telepon terputus)
Dua menit kemudian, krisan sms aku, ia bilang ke aku kalau pulsa dia abis so
Gak bisa lanjutin telepon aku lagi deh…
Komentar pakar hukum :
Mengenai pacar kontrak ini, banyak komentar berdatangan dari para pakar hukum. Berikut adalah komentarnya :
Yayu, S.H. berkomentar bahwa perjanjian kontrak di atas tidak sah karena pihak-pihaknya masih di bawah umur. Namun dalam hal ini kekasih lebah dapat menggugat lebah atas pasal penipuan karena membuat kontrak dengan melibatkan pihak-pihak di bawah umur.

Tidak ada komentar: